Saturday 24 July 2010

tidak sekedar dua sisi

laki-laki & perempuan
hitam & putih
vertikal & horizontal

bukan hanya sekedar dua sisi saja. ada begitu banyak sisi dalam kehidupan ini. dulu aku sepakat bahwa segala hal yang ada di dunia ini hanya bersifat dua sisi, tetapi ternyata tidak seperti itu (entahlah, mungkin ada yang tidak sepakat dengan pemikiranku ini). ketika aku mencoba untuk membuka 'mata' dan pikiranku bahwa hidup ini bukan bersifat dualisme, maka begitu banyak yang dapat aku lihat, seperti yg kita ketahui bahwa tidak hanya ada laki-laki dan perempuan saja, tetapi ada mereka, kaum transgender. bukan hanya hitam dan putih saja, tetapi ada pula merah, jingga, nila, dan berbagai warna lain yang ada bersama deretan warna itu. tidak hanya vertikal dan horizontal saja, tetapi ada pula diagonal.
aku hanya berusaha untuk membuka 'mata' dan pikiranku, untuk melihat hidup dari segala sisi, berpikir secara divergen, sehingga aku tidak hanya terpaku oleh hal-hal konservatif.

No comments:

Post a Comment